Keluarga Berperan Aktif dalam Membentuk Generasi yang Qurani

Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Dr. EMK. Alidar, S. Ag., M. Hum yang didampingi Kepala Badan Dayah Husamah El-Madny(Sebelah kanan) dan Ketua PW BKMT Aceh Dr. Ir. Dyah Erti Idawaati, MT (Kanan) Foto bersama dengan ibu-ibu pengurus BKMT Aceh di Aula Hotel Al Hanifi (23/10).

Dinas Syariat Islam Aceh – Dinas Syariat Islam (DSI) Aceh melalui Bidang Peribadatan, Syiar Islam dan Pengembangan Sarana Keagamaan menggelar Seminar Pembinaan Keluarga Islami di Hotel Al Hanifi, Lamprit, Banda Aceh. Acara yang berlangsung selama 2 hari, Rabu-Kamis, 23-24 Oktober 2019 diikuti sebanyak 100 orang peserta.

Peserta yang hadir terdiri dari ibu-ibu pengurus Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Provinsi dan Kabupaten Kota serta perwakilan dari pegawai DSI Aceh.

Acara yang dibuka langsung oleh Gubernur Aceh yang diwakili oleh Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Dr. EMK Alidar, S. Ag., M. Hum. Dalam sambutannya mengatakan tujuan dari pelaksanaan seminar ini untuk memperkuat peran keluarga dalam mebentuk generasi Aceh yang qurani dan meadab, sehingga bisa mengimplementasikan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari.

“Keluarga mempunyai peran penting terhadap perkembangan masyarakat. Baik buruknya sebuah keluarga menjadi indikator baik atau buruk masyarakat. Oleh karena itu, keluarga sebagai kelembagaan masyarakat berperan penting dalam proses pembentukan dan pengembangan pribadi anak” jelasnya.

Ia juga menambahkan keluarga juga menjadi kelompok sosial pertama dimana anak-anak menempa diri menuju proses kedewasaan. Dengan demikian keluarga harus memberi contoh yang baik, ayah dan ibu harus mampu menajadi orang tua yang ideal dan sesuai tuntunan Islam.

“Pemerintah mengharapkan dengan adanya seminar ini mampu memberikan pencerahan kepada kaum ibu kader BKMT dalam mendidik keluarga yang Islami, sehingga mampu mebentengi keluarga dari akulturasi budaya moderrn yang melangkahi ketentuan Islamdan budaya Aceh serta BKMT Aceh tetap bersemangat dalam mewujudkan misi dakwahnya meski begitu banyak tantangan di era globalisasi” tutupnya.

Dr. Ir. Dyah Erti Idawati MT selaku ketua PW BKMT Aceh dalam sambutannya mengatakan menyampaikan kegiatan Seminar Pembinaan Keluarga Islami merupakan bentuk kerjasama antara DSI Aceh dengan  Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Aceh.

BKMT Aceh Merupakan mitra strategis Pemerintah Aceh dalam mengatasi beragam problematika sosial dan keagamaan di Aceh juga menjadi wahana pendidikan untuk membangun masyarakat yang berakhalak, cerdas, dan sejahtera dalam rangka mewujudkan  masyarkat baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.

Selain itu, topik seminar yang diangkat kali ini sangat relevan dengan situasi yang berkembang, terutama menyakut masalah moral dan akhlak. Keluarga merupakan pondasi pertama anak, sehingga keluarga berperan penting untuk membentengi anak dari pengaruh negatif.

Besar harapan dia dengan adanyan seminar ini mampu membentuk karakter keluarga Islami, meningkatkan wawasan dan pemahaman masyarakat tentang karakter keluarga Islami serta terbinanya keluarga Islami sesuai dengan Al-quran dan Sunnah Nabi, tutupnya.

Adapun pemateri yang dihadirkan dalam acara seminar tersebut diantaranya, Kepala Dinas Syariat Islam Aceh, Dr. EMK Alidar, S. Ag., M. Hum., Pengurus Pusat BKMT, Hj. Anna Farida, S. Pd, MM, Pd. D., ketua PW BKMT Aceh, Dr. Ir. Dyah Erti Idawati, MT., Trainer dari Tim MSQ Bandung Ustad Kemas Mahmudin Al-Hanif.

Posted in Berita and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *