60 Calon Peserta MTQN Ikut Training Center

Suasana pembukaan Training Center (TC) tahap pertama di Aula LPTQ Aceh pada Jum'at (13/3/2020) pagi.

Suasana pembukaan Training Center (TC) tahap pertama di Aula LPTQ Aceh pada Jum’at (13/3/2020) pagi.

BANDA ACEH – Sebanyak 60 orang calon peserta yang akan mengikuti MTQ Nasional ke 28 yang akan diselenggarakan di Kota Padang Sumbar mengikuti masa pembinaan atau Training Center (TC) tahap pertama 15 hari (13-27 Maret 2020) di Aula LPTQ Aceh.

Kepala Dinas Syariat Islam Aceh diwakili Sekretaris Dinas Drs H Darjalil yang membuka kegiatan training center itu Jum’at (13/3) antara lain mengatakan, masa pelatihan dan pembinaan itu merupakan proses tindak lanjut atas hasil seleksi calon peserta yang telah dilakukan.

Pada masa TC ini para peserta dilatih oleh para pelatih daerah dan pelatih nasional sesuai dengan cabang masing-masing.

Untuk itu para peserta diminta agar serius dan tekun mengikuti TC sampai selesai. Pemerintah Aceh berharap agar pada pelaksanaan MTQ Nasional ke 28 yang berlangsung Agustus tahun ini Aceh dapat meraih peringkat tiga nasional. “Jika kita berkaca dari MTQ/STQ nasional kafilah Aceh terus menunjukkan prestasi, namun untuk tahun ini kita memasang target besar agar masuk 3 besar peringkat nasional,” ujar Darjalil. Untuk itu, ungkap Darjalil, kita harus berpikir dan berusaha semampu kita untuk meraih prestasi sesuai harapan Plt Gubernur Aceh. Langkah-langkah ke arah itu, sebut Darjalil harus terus diupayakan.

Hal itu dibuktikan bahwa seleksi calon peserta sudah kita lakukan sejak tahun 2019 lalu, masa training center juga sudah dimulai akhir tahun 2019 lalu. “Pada tahun ini kita lakukan TC selama 40 hari dan mendatangkan pelatih nasional dengan alokasi waktu dan jumlah pelatih lebih banyak,” tambah Sekdis DSI Aceh itu. Disamping itu, untuk melatih agar peserta tidak demam panggung, para peserta juga akan diberikan try out (uji kemampuan) sesuai dengan perkembangan kemampuan peserta.

Langkah-langkah  tersebut merupakan strategi untuk meningkatkan kualitas peserta sehingga dapat tampil maksimal disaat MTQ nanti. Sebelumnya, Kepala UPTD. PPQ Muzakkir SH menyampaikan bahwa, jumlah peserta yang mengikuti TC tahap pertama ini 60 orang dari semua cabang MTQ yaitu cabang Tilawah, Tahfidh, Tafsir, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Khattil Qur’an dan MMQ. Sedangkan untuk TC tahap selanjutnya akan dilakukan menjelang pemberangkatan peserta atau disesuaikan dengan melihat hasil TC tahap pertama. “Kita akan lakukan pemetaan peserta cabang mana saja yang memiliki potensi mendapat juara, nanti akan kita lakukan pembinaan khusus sehingga potensi itu akan dapat meningkatkan prestasi Aceh di ajang MTQN yang akan berlangsung pada bulan Agustus 2020.(rel/mis)

Sumber : Serambi Indonesia

Posted in Berita and tagged , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *