Syariat Islam Dalam Perspektif Politik

Dari kiri ke kanan Prof Dr A Hamid Sarong SH MH, Prof Dr Syahrizal Abbas MA, moderator, Dr Munawar A Jalil MA, saat memberikan materi pada acara Seminar politik dalam syariat Islam dan perwujudan kesejahteraan rakyat yang diselenggarakan di Aula Aziziyah UPT Asrama Haji Embarkasi Aceh (24/517).

Dari kiri ke kanan Prof Dr A Hamid Sarong SH MH, Prof Dr Syahrizal Abbas MA, moderator, Dr Munawar A Jalil MA, saat memberikan materi pada acara seminar politik dalam syariat Islam dan perwujudan kesejahteraan rakyat yang diselenggarakan di Aula Aziziyah UPT Asrama Haji Embarkasi Aceh (24/5/17).

Dinas Syariat Islam Aceh – Dinas Syariat Islam (DSI) Aceh bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (STISIP) Al-Washliyah Banda Aceh menggelar seminar politik dalam syariat Islam dan perwujudan kesejahteraan rakyat yang diikuti oleh 100 peserta di Aula Aziziyah UPT Asrama Haji Embarkasi Aceh. Seminar yang berlangsung selama sehari (24/5) kemarin, diharapkan bisa menjadi masukan bagi pemerintah dan masyarakat Aceh dalam pelaksanaan syariat Islam di daerah ini.

Sasaran yang ingin dicapai dari seminar ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan peserta seminar tentang cara berpolitik yang berlandaskan etika agama dan memperhatikan prinsip-prinsip umum syariah. Adapun peserta yang hadir terdiri dari unsur politisi, birokrasi, TNI/Polri, akademisi, pendidik, tokoh masyarakat, ormas, mahasiswa STISP-AW, serta elemen masyarakat lainnya.

Ketua panitia pelaksana Kabid Peribadatan, Syiar Islam dan Pengembangan Sarana Keagamaan DSI Aceh, Muhibuthibri, S Ag dalam sambutannya mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan seminar ini adalah untuk mengetahui konsep kepemimpinan dalam Islam serta untuk mengetahui tipe kepemimpinan dalam lintasan sejarah Aceh.

“Kita berharap melalui seminar ini peserta mendapatkan wawasan dan pencerahan mengenai syariat Islam serta mendapatkan pemahaman mengenai etika berpolitik yang islami. Salah satu faktor yang sangat menentukan dalam keberhasilan pelaksanaan syariat Islam secara kaffah di Aceh adalah faktor kepemimpinan. Oleh karena itu, dengan menjadikan syariat sebagai dasar dalam kepemimpinan, maka dipastikan rakyatnya akan makmur dan sejahtera sehingga baldatun thayyiban wa rabbul ghafur seperti yang dicita-citakan akan terwujud”, ujar Muhibuthibri.

Sementara itu Kadis Syariat Islam Aceh Dr Munawar A Jalil MA didalam sambutannya menyebutkan kegiatan ini sangat penting dalam konteks memberikan pemahaman tentang politik dalam Islam kepada mahasiswa dan bagaimana mengurus pemerintahan berdasarkan syariat. Selain itu, tambah Kadis berbagai tekanan dan tantangan  yang muncul terhadap penerapan syariat Islam di Aceh baik dari internal maupun eksternal akan ditangani secara arif dan bijaksana secara bersama-sama.

Seminar sehari itu, selain menghadirkan Dr Munawar A Jalil MA sebagai pemateri dengan tema “Kebijakan Pemerintahan Aceh dalam Pelaksanaan Syariat Islam” juga turut diundang Prof Dr A Hamid Sarong SH MH tema “Konsep Islam tentang politik” serta Prof Dr Syahrizal Abbas MA tema “Syariat Islam di Aceh : Peluang dan Tantangan bagi Demokrasi”.

Posted in Berita and tagged , .

Lilis Suriani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *