STQ Nasional berakhir Aceh Peringkat 7

Para Juara STQN XXIV yang Membawa Harum Nama Aceh di Tarakan Kalimantan Utara

Para Juara STQN XXIV yang Membawa Harum Nama Aceh di Tarakan Kalimantan Utara

Dinas Syariat Islam Aceh – Berkat doa dan dukungan yang mengalir dari masyarakat Aceh baik yang ada di tanah rencong maupun yang ada di Kota penghasil minyak prestasi kafilah Aceh sudah sangat membaik, target masuk sepuluh besar tercapai.

Dibandingkan saat pelaksanaan Seleksi Tiwatil Quran (STQ) Nasional ke XXIII di Jakarta hanya memperoleh harapan III, bahkan bisa kita katakan tidak memuaskan, namun kita telah mengubah sedikit demi sedikit mulai dari seleksi sampai pada pembinaan selama Permusatan latihan (TC), pola yang baik akan menghasilkan yang terbaik juga, buktinya pembedahan yang kita lakukan sudah memberikan dampak positif kemajuan dalam perolehan prestasi di tingkat nasional.

Demikian disampaikan ketua Kafilah Aceh Dr H Munawar A Jalil, MA melalui Kepala UPTD PPQ Aceh Drs Tgk H Ridwan Johan, usai menyaksikan pengumuman yang dibacakan ketua dewan hakim Nasional Dr Said Aqil Al-Munawar, MA saat malam penutupan di arena utama Islamic Center Kota Tarakan, jumat (21/7).

“Alhamdulillah dan terima kasih semua pihak yang telah menunjang prestasi Aceh ini, dari pengumuman resmi yang dibacakan ketua Dewan Hakim Nasional Dr Said Aqil Al-Munawar, MA nomor 02/KEP/BH/STQN/24/2107 Aceh memperoleh rangking 7 dengan jumlah 7 poin bersamaan dengan tuan rumah Kalimantan Utara, sedangkan juara Umum mampu di pertahankan DKI-Djakarta,” tambahnya.

Ridwan Johan menambahkan, Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan dan doa masyarakat Aceh, sehingga anak-anak Aceh yang tampil setiap hari semakin baik, selamat kepada anak-anak yang telah memperoleh prestasi yang mengembirakan ini, kepada yang belum meraih masih ada kesempatan untuk terus belajar dan mengembangkan potensi diri, koreksi dan intropeksi agar di masa mendatang semakin baik prestasi yang kita raih.

“Kepada dewan pelatih di semua cabang di antaranya Ustad Hamli Yunus, Ustad Amin, Ustad Mardhatillah, serta seluruh Official yang telah membantu kelancaran proses mulai dari permusatan latihan (TC) sampai mereka tampil dengan baik,” imbuh kepala UPTD PPQ Aceh.

Berikut para juara sesuai dengan keputusan dewan hakim Nasional, di antaranya juara II cabang 5 Juz golongan putra  Arsy Yallah tampil arena II Masjid Agung Al-Ma’rif Kota Tarakan, hafidz yang memiliki nomor tampil HQ 116 menjawab surat Maryam ayat 66 dengan baik, sehingga dia keluar sebagai juara II tingkat Nasional dengan nilai 96, 75.

Di golongan putri Aceh juga meraih Juara II cabang 20 Juz atas nama  Mauliza Juliantika  hafidzah dengan nomor peserta HQ 321 mampu menjawab surat Al Furqan Juz 19, surat An-Nahl juz 14, surat At-Taubah juz 10 dan surat An-Nisa juz 6, ia tampil di arena II Masjid Darul Sa’dah Kota Tarakan, dengan nilia 97, 66.

Zubirani hafidz 20 juz putra dengan nomor peserta HQ 314, bisa menyelesaikan  surat Al-Fujarat Juz 17 surat Ibrahim juz 13, surat Al-A’raf Juz 9, dan surat Ali Imran Juz 4 dengan baik, dengan jumlah nilai 98, 67 sehingga ia berhak menduduki peringkat III.

Selain juara II dan III Aceh juga meraih beberapa juara harapan di antaranya Harapan I dan harapan III, harapan I cabang 5 juz golongan putri  atas nama Hikmatul Husna, hafidzah yang memegang nomor peserta HQ 163 ini bisa menjawab surah Al-Baqarah Juz 2, surah Ali-Imran juz 3 dan 4 serta surah An-Nisa juz 5, Hikmatul Husna yang tampil di arena II Masjid Agung Al-Ma’rif Kota Tarakan.

Sementara itu Juara Harapan III Rifqah Lathifah dari cabang tafsir putri, Rifqah lathifah hafidzah pemegang nomor tampil HQ 129 menjawab tafsir  surat Ali Imran ayat 87-88 serta surah An-Nisa juz 5, surah An-Nahl juz 14, surah Al-Hajj juz 17 dan surah Az-Zumar juz 23, Rifqah tampil di Masjid At-Taqwa Sibengkok Tarakan Timur.

Menteri Agama Republik Indonesia yang di wakili Plt Bimbingan Masyarakat Islam Prof Dr Kamaruddin Amin, MA mengatakan, pelaksanaan STQ Nasional ke XXIV ini sudah lebih baik, masing-masing daerah memperkaya potensi daerahnya sendiri.

“dengan penerapan sistem e-MTQ saat mendaftar, akan lebih mudah kontrol sehingga tidak terjadi penyalahgunaan identitas peserta, hasil STQ ini merupakan hasil yang diperoleh secara alami, meskipun masih ada kekurangan hanya harus kita benah bersama,” tuturnya.

Manteri Agama mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk senantiasa menjaga toleransi, karena Islam sendiri mengajurkan hidup yang harmonis, damai dan sejahtera, karena itu keputusan dewan hakim menetapkan para juara tadinya bahagian dari toleransi yang tidak bisa di pisahkan, tandasnya.

Berikut rangking

  1. DKI
  2. Kepri
  3. Jateng
  4. Kalimantan timur
  5. Banten
  6. Sumatera utara dan Sumatera Barat
  7. Aceh dan Kalimatan utara
  8. Jabar dan Kalimantan selatan
  9. Jambi dan Kalimantan Barat
  10. Jawa Timur, NTB dan Papu Barat.
Posted in Berita and tagged , .

admin

Admin adalah Editor pada Website Resmi Dinas Syariat Islam Aceh.
Jika ada kritik dan saran, Silakan gunakan informasi kontak kami.!!

Terimakasih atas kunjungan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *