Rektor UIN Ar-Raniry Sebut Banyak Melenial Aceh Gagal Ginjal Akibat Konsumsi Minuman Soda Saat di Warkop

Dinas Syariat Islam Aceh – Rektor UIN Ar-Raniry, Banda Aceh Prof Dr Mujiburrahman mengatakan, banyak melenial di Aceh mengalami gagal ginjal akibat akibat terlalu sering mengunsumsi minuman bersoda saat berada di warung kopi.

Pernyataan itu disampaikan Mujiburrahman, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Universitas Syiah Kuala (USK) dan sejumlah Lembaga lain.

“Sehingga, beberapa kali mereka mengikuti test seperti diperbankan, BUMN dan sebagainya kualitas EQ anak tersebut nilainya tinggi. Namun, mereka rata-rata gugur, dan ternyata setelah di test dari segi kesehatan anak-anak milenial Aceh ini telah mengindap penyakit gejala ginjal,” ungkapnya  saat Rapat Koordinasi (Rakor) Dinas Syariat Islam (DSI) Aceh di Hotel Oasis, Banda Aceh, Senin (12/12/2022).

Oleh karena itu dia meminta Aceh dan pemerintah kabupaten/kota untuk menerbitkan Qanun Aceh untuk membatasi jam buka warung kopi.

“Warung kopi di Aceh rata-rata buka selama 24 jam penuh, ini berimbas kepada masyarakat Aceh khususnya para remaja, anak-anak kita begadang sampai pagi dan siangnya baru tidur untuk bermain game online. Bahkan mereka meninggal kewajiban untuk Sholat lima waktu,” kata Mujiburrahman.

Menurutnya, pelaksanaan syariah Islam harus berjalan dengan baik, sehingga dapat membentuk karakter yang baik bagi pemuda.

“Jadi, jika pelaksanaan Syariat Islam di Aceh dapat berjalan dengan optimal, kita harus membentuk karakter anak muda sejak dini, kalau tidak diterapkan generasi anak-anak muda kita kedepan akan hancur, akibat pengaruh game online,” tandasnya.

Untuk diketahui, Dinas Syariah Islam (DSI) Aceh menggelar Rakor pelaksanaan Syariat Islam tahun 2022 yang berlangsung selama tiga hari, dimulai dari tanggal 12 hingga 14 Desember 2022 mendatang.

Adapun peserta Rakor ini berjumlah 100 orang, terdiri dari unsur Kadis DSI Kabupaten/Kota, Kasatpol PP-WH Kabupaten/Kota, Mahkamah Syar’iyah Kabupaten/Kota, SKPA, instansi vertikal serta lembaga keagamaan.

Sedangkan pemateri dalam Rakor ini diantaranya Prof Dr Syahrizal Abbas MA, Mantan Kepala DSI Aceh, Dr H Azwar Abubakar, mantan Menteri PANRB, Prof Dr Mujiburrahman MAg, Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, serta Prof Dr Alysa’ Abubakar MA dan Prof Dr Shabri A Majid MEc.

Sumber : Anteroaceh.com

Posted in Berita and tagged , .

Admin adalah Editor pada Website Resmi Dinas Syariat Islam Aceh.
Jika ada kritik dan saran, Silakan gunakan informasi kontak kami.!!

Terimakasih atas kunjungan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *