Mantapkan Persiapan Hadapi MTQ, Kafilah Aceh Jalani TC Tahap II

Para peserta menyimak arahan dari Kadis DSI Aceh Dr. EMK Alidar, S. Ag., M. Hum di

Aula Gedung LPTQ Aceh Kamis,  Agustus 2018.

Dinas Syariat Islam Aceh – Pemerintah Aceh melalui Dinas Syariat Islam (DSI) Aceh UPTD PPQ (Pengembangan dan Pemahaman Al-Qur’an) menggelar Training Centre (TC) berupa pemusatan latihan untuk membina para Qari-Qariah dalam rangka pemantapan persiapan peserta MTQN di SUMUT.

 

Pada saat pembukaan TC tahap II dihadiri Kepala Dinas Syariat Islam (DSI) Aceh Dr. EMK Alidar, S. Ag., M. Hum didampingi oleh kepala UPTD PPQ selaku ketua panitia Drs. H. Ridwan Johan dan kasie Bimbingan dan Pelatihan Sudirman, S.Sos.I yang berlangsung di Aula Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Aceh, komplek keistimewaan Aceh Jeulingke, Banda Aceh (30/8/18) malam.

Kadis DSI Aceh mengatakan bahwa TC ini merupakan lanjutan dari TC pertama yang dilaksanakan tanggal 9 Juli 2018 s/d 2 Agustus 2018 yang lalu, kemudian dilanjutkan TC kedua yang berlangsung hari ini tanggal 30 Agustus 2018 s/d 3 Oktober 2018. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membina para peserta agar mampu mengukir prestasi gemilang pada event MTQN nanti.

 

“Pada tahap TC pertama para peserta telah dilatih oleh 5 orang pelatih nasional dan kedua juga akan dilatih ole 3 orang pelatih nasional, maka melalui TC ini diharapkan para peserta dapat meningkatkan kemampuan dalam mengalunkan ayat-ayat suci Al-Qu’an sehingga kafilah Aceh dapat meraih peringkat yang lebih baik dari tahun sebelumnya dimana tahun lalu kita berada di  peringkat 7 Nasional dan ditargetkan untuk tahun ini masuk dalam 5 besar,” harap Kadis.

 

Sementara itu, kepala UPTD PPQ sekaligus ketua harian LPTQ Aceh Drs. H. Ridwan Johan mengatakan  kepada para peserta untuk lebih disiplin memanage waktu dalam hal makan, istirahat dan berlatih. Saat ini seluruh peserta MTQN XXVII sedang mempersiapkan dirinya untuk tampil prima sebagai Duta Aceh dalam mengikuti event MTQ tingkat Nasional nanti, termasuk mengikuti TC.

 

“TC yang digelar ini merupakan kesempatan terbaik dalam berlatih guna mengejar prestasi. Provinsi Aceh akan mengirim Qari-Qariah dalam event tersebut sebanyak 56 orang yang akan mengikuti seluruh cabang yang diperlombakan. Kafilah Aceh dijadwalkan akan berangkat pada tanggal 4 Oktober 2018 dan pembukaan akan dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2018 di Medan Sumatera Utara,” ujar Ridwan Johan.

 

 

 

Posted in Berita and tagged , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *