Maksimalkan keakuratan Data, Tim Verifikasi dan Panitera e-MTQ Ikuti Bimtek

Suasana Bimbingan Teknik E-MTQ Bagi Tim Verifikasi dan Panitera MTQ Tingkat Provinsi Tahun 2017 (4/4) di Aula Gedung LPTQ

Peserta Bimbingan Teknik E-MTQ Bagi Tim Verifikasi dan Panitera MTQ Tingkat Provinsi Tahun 2017 (4/4) di Aula Gedung LPTQ

Dinas Syariat Islam Aceh – Untuk persiapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran  tingkat Provinsi tahun 2017 di Aceh Timur, Dinas Syariat Islam Aceh melalui UPTD PPQ mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) e-MTQ bagi Tim Verifikasi dan Panitera MTQ Tingkat Provinsi pada Selasa sore (4/4/2017) di aula gedung LPTQ Aceh.

Musliadi S.sos, MA selaku panitia dalam sambutannya menyebutkan Kegiatan Bimtek e-MTQ dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 4 hingga 5 April 2017, dengan jumlah peserta 46 orang yang termasuk didalamnya dari perwakilan Dinas Syariat Islam Aceh,  Kementria Agama Aceh dan Dinas terkait lainnya seperti Dinas Pendudukan dan catatan Sipil juga termasuk panitia lokal Aceh Timur. Menurutnya, tujuan dari pelaksanaan bimtek untuk memberikan pemahaman, wawasan sekaligus profesionalitas terhadap pelaksanaan aplikasi e-MTQ, karena semua berkas pendaftaran akan diverifikasi melalui online. “kalau sebelumnya pendaftaran dilakukan secara manual maka dengan perubahan secara eletronik ini bisa berdampak lebih baik lagi untuk kedepannya” tuturnya .

Pembukaan secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Dr. Munawar A. Jalil, MA diwakili Drs. Darjalil selaku Sekretaris DSI Aceh dalam pembukaannya mengatakan bahwa Kegiatan ini merupakan tahun ke 2 tingkat nasional dalam pelaksanaan pendaftaran melalui media elektronik yang lazim disebut dengan e-MTQ. Tujuan dari pelaksanaan e-MTQ ini untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan MTQ yang lebih akurat, valid dan juga untuk mempercepat dalam proses pendaftarannya. Pelaksanaan e-MTQ dilakukan untuk menghindari kecurangan-kecurangan didalam pendaftaran, akan tetapi disaat mendekati hari Perlomabaan diwajibkan kepada peserta untuk membawa bukti secara fisik berupa berkas pendaftaran.

Beliau juga menambahkan, pelaksanaan seleksi MTQ dilakukan setiap tahun guna untuk menggugah masyarakat, menarik simpati dan mengajak masyarakat untuk selalu mencintai Al-Quran. Diakhir sambutannya beliau mengharapkan kepada peserta harus jujur, arif dan bijaksana jangan sampai ada kesalahan dalam proses verifikasi dokumen pendaftaran.

Adapun pemateri yang dihadirkan pada kegiatan Bimtek e-MTQ adalah Direktur Kementrian Agama Pusat  dari Jakarta bapak Ali Sibromalisi, S.Ag, MA, dan juga Sayyid Alwi Fahmi, S.Ag, MA.

Posted in Berita and tagged , .

Nova Muliana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *