Karakter Keluarga Islami Bentuk Generasi Islam Cemerlang

Prof Dr Syahrizal Abbas MA Memberikan Materi Pada Acara Rakorda Pokjanal Posyandu Se-Aceh Tahun 2017

Prof Dr Syahrizal Abbas MA Memberikan Materi Pada Acara Rakorda Pokjanal Posyandu Se-Aceh Tahun 2017

Dinas Syariat Islam Aceh – Kadis Syariat Islam Aceh, Prof DR H Syahrizal Abbas MA menjelaskan untuk melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas di masa depan harus dimulai dari keluarga dengan benteng akidah serta etika moralitas yang Islami.

Hal itu disampaikan beliau saat memenuhi undangan menjadi pemateri pada Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Pokjanal Posyandu Se-Aceh, yang di adakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh di Hotel Kuala Raja, Lamprit, Banda Aceh, Kamis, 9 Maret 2017.

Menurutnya, pendidikan Islami harus dimulai dari lingkungan keluarga sejak dini, orang tua sangat berperan dalam menentukan ke arah mana akan membawa keluarganya. Orang tua harus memantau tingkah laku anak-anaknya agar senantiasa berada dalam garis-garis Islam sehingga diharapkan kelak mereka menjadi generasi Islam yang cemerlang. Sebuah Hadits Nabi Muhammad Saw berbunyi  : “Setiap bayi yang lahir dalam keadaan fitrah. Maka orangtuanyalah yang kemudian berperan dalam merubah fitrahnya, apakah ia kelak menjadi Yahudi, menjadi Majusi, atau menjadi Nasrani.

Oleh sebab itu tambahnya, maka penting bagi kita untuk memperoleh bahtera rumah tangga yang harmonis dengan cara menghidupkan atmosfer Islami dalam keluarga. Bagaimana menerapkan nilai-nilai keislaman pada anak serta membina karakternya agar sesuai koridor Islam, karena itu nantinya akan menentukan menjadi seperti apa anak di kemudian hari. Apakah anak tetap dalam fitrahnya, atau apakah ia kelak menjadi penentang fitrah yang dimilikinya, tergantung kepada kedua orangtuanya.

Lebih lanjut beliau mengatakan setiap orang tua harus selalu menjaga komitmen dalam menjalankan amanah dan tanggung jawab yang telah diberikan oleh Allah SWT. Sehingga konsep keluarga Islami mampu dilaksanakan dalam mengarungi biduk rumah tangga.

“Dinas Syariat Islam Aceh sebagai mitra DPMG Aceh siap mendukung terlaksananya program yang digagas dalam Rakorda tersebut,” tegas Prof Syahrizal Abbas diakhir materinya.

Posted in Berita and tagged , .

Lilis Suriani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *