DSI Aceh Tingkatkan Kapasitas Imam Masjid di Pidie

Suasana Kegiatan Pembekalan Peningkatan Kapasitas Imam Masjid Se-Aceh, di Aula Wisma Safira Sigli, Selasa (2/5).

Suasana Kegiatan Pembekalan Peningkatan Kapasitas Imam Masjid Se-Aceh, di Aula Wisma Safira Sigli, Selasa (2/5).

Dinas Syariat Islam Aceh – Sebanyak 35 Imam Masjid yang berasal dari Kabupaten Pidie, Pidie Jaya dan Bireuen diberi pembekalan Peningkatan Kapasitas Imam Masjid Se-Aceh guna membuka cakrawala berfikir dalam rangka mendukung upaya memakmurkan Masjid, di Aula Wisma Safira Sigli, Selasa (2/5).

Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Dr Munawar MA mengatakan, Imam Masjid merupakan salah satu komponen yang bertanggung jawab dalam konteks pemakmuran Masjid sekaligus membina umat dalam peningkatan ibadah, tidak hanya sebagai orang yang di depan saja dalam pelaksanaan Shalat Fardhu tetapi juga sebagai pemimpin umat dalam berbagai kegiatan sosial keagamaan.

Munawar melanjutkan, melalui Pembekalan Peningkatan Kapasitas Imam Masjid Se-Aceh tahun 2017 ini, Imam Masjid maupun Imam Meunasah mampu menyikapi berbagai pesoalan umat dengan lebih arif dan bijak seperti munculnya aliran-aliran sesat yang menimbulkan keresahan umat islam di Aceh. Para Imam diharapkan terus berupaya menambah wawasan dan pengetahuan tentang keimanan, ketauhidan, shalat, tashinul qiraah, tatacara bermuamalah, maupun pengetahuan lainnya sehingga mampu menjawab persoalan-persoalan yang meresahkan masyarakat yang mungkin terjadi di tempat kita berdomisili.

“Pemerintah Aceh maupun Pemerintah Kabupaten kota tentu tidak akan maksimal melaksanakan tugas ini tanpa dukungan dari seluruh komponen masyarakat. Kami percaya bahwa kita yang hadir disini adalah orang-orang yang memiliki komitmen tinggi dan tekad yang kuat agar pelaksanaan syariat Islam dapat berjalan baik dan sempurna secara kaffah di Aceh,” tambahnya.

Munawar berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga dapat menambah wawasan, pengetahuan juga menjadi amal shaleh disisi Allah SWT.

Sementara itu Nizami Taufik SSos selaku koordinator pelaksana menyampaikan pembekalan Peningkatan Kapasitas Imam Masjid se-Aceh Tahun 2017 yang bertempat di 3 (tiga) wilayah yaitu Kabupaten Pidie, Kabupaten Aceh tengah dan Kabupaten Aceh Barat dengan Jumlah total peserta 105 orang. Untuk pelaksanaan di Pidie di mulai 2 s.d 4 Mei 2017 selama 3 (tiga) hari bertempat di Wisma Safira dengan jumlah peserta masing-masing terdiri dari  35 orang dari utusan Kota Pidie, 35 orang utusan Kabupaten Pidie Jaya dan 35 orang utusan Kabupaten Bireuen.

“Pembekalan Imam Masjid ini difokuskan membuka cakrawala berfikir, pembinaan para kader, dan menjadikan Imam sebagai teladan serta sebagai sarana silaturahmi dan komunikasi dalam kehidupan bermasyarakat. Kita berharap melalui kegiatan ini Imam harus lebih serius dalam menyikapi persoalan-persoalan umat,” jelasnya.

Posted in Berita and tagged , .

Abdusy Syakur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *