DSI Aceh Laksanakan Pembekalan Imam Masjid di Tanah Gayo

Suasana Saat Kegiatan Pembekalan Peningkatan Kapasitas Imam Mesjid yang Berlangsung di Hotel Grand Penemas, Takengon, Selasa (9/5/2017).

Suasana Saat Kegiatan Pembekalan Peningkatan Kapasitas Imam Mesjid yang Berlangsung di Hotel Grand Penemas, Takengon, Selasa (9/5/2017).

Dinas Syariat Islam Aceh – Sebanyak 35 peserta dari kabupaten Aceh Tengah, yaitu para imam masjid mengikuti acara  Pembekalan Peningkatan Kapasitas Imam Masjid se-Aceh untuk zona dua (wilayah tengah) dalam rangka pemakmuran masjid/meunasah. Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Syariat Islam Aceh di Hotel Grand Penemas, Takengon, 9 s/d 11 Mai 2017.

Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Dr Munawar A Jalil MA dalam sambutannya mengatakan masjid merupakan pusat kegiatan keagamaan maupun sosial kemasyarakatan, sehingga masjid menjadi tempat menimba ilmu-ilmu keagamaan dengan menghidupkan pengajian-pengajian rutin serta tempat masyarakat melakukan silaturrahmi diantara sesamanya seperti yang telah dipraktekkan oleh Rasulullah Saw yang menjadikan masjid sebagai tarbiyatun Ummah (mengajarkan umat).

Menurut Kadis, pembekalan peningkatan imam kapasitas bagi imam di Aceh merupakan bagian dari upaya syiar Islam. “Salah satu bentuk simbolisasi syiar Islam adalah masjid. Namun ironis, semakin indah dan luas masjid dibangun dengan arsitektur yang megah namun masjid tampak sepi dari jamaah,” terangnya.

Disebutkan, diseluruh wilayah Aceh terdapat masjid yang memadai dan dibangun dengan biaya yang cukup besar. Hal itu, merupakan satu bukti bahwa masyarakat Aceh memiliki semangat yang tinggi untuk membangun masjid. “Tetapi, memakmurkan masjid masih kurang,” ungkapnya.

Beliau melanjutkan, di dalam Al-Quran surah At-Taubah ayat 18 Allah Swt berfiman : “ Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Alah adalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk”. Oleh sebab itu, sudah sepatutnya kita selalu ke masjid dalam rangka memakmurkannya. Sehingga, manakala seseorang telah memiliki ikatan hati yang kuat dengan masjid, maka ia akan menjadi salah satu kelompok orang yang kelak akan dinaungi oleh Allah pada hari kiamat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kabid Penyuluhan Agama Islam dan Tenaga Da’I DSI Aceh Nizami Taufik S Sos selaku ketua panitia pelaksana dalam laporannya mengatakan pelaksanaan pembekalan peningkatan kapasitas Imam masjid se-Aceh Tahun 2017 ini dilaksanakan di 3 (tiga) wilayah/zona yaitu Kabupaten Pidie, Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Aceh Barat dengan jumlah total peserta 105 orang.

“Kita berharap agar acara ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses serta mendapat ridha dari Allah Swt serta ilmu yang didapat bisa diamalkan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari”, ujarnya diakhir sambutan.

Posted in Berita and tagged , .

Lilis Suriani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *