DSI Aceh Gelar Pelatihan Pendataan Masjid Melalui Aplikasi

Pejabat Dinas Syariat Islam Aceh Foto Bersama Peserta Seusai Penyematan Badge Pada Kegiatan Pelatihan Petugas Pendataan Masjid Tahun 2019, di Aula Hotel Grand Nanggroe, Banda  Aceh, Selasa (11/10).

Dinas Syariat Islam Aceh – Melalui Bidang Peribadatan, Syiar Islam dan Pengembangan Sarana Keagamaan, Dinas Syariat Islam Aceh menggelar kegiatan Pelatihan Petugas Pendataan Masjid Tahun 2019 melalui aplikasi SIMASA selama dua hari penuh, secara resmi dibuka Kadis Syariat Islam Aceh yang diwakili oleh Sekretaris Drs Darjalil, di Aula Hotel Grand Nanggroe, Banda  Aceh, Selasa (11/10).

Kegiatan pelatihan tersebut berlangsung pada tanggal 12-13 Oktober 2019, dengan jumlah peserta sebanyak 138 orang, yang terdiri dari unsur Dinas Syariat Islam Aceh, UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan BKPRMI Aceh.

Dalam kesempatan itu Kadis Syariat Islam Aceh dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Drs Darjalil mengatakan, sebelum berlakunya pelaksanaan syariat Islam secara resmi pertumbuhan masjid di Aceh sangat menjamur, tapi tidak terdata dengan baik.

Darjalil melanjutkan, tujuan dari kegiatan pendataan masjid yaitu menghimpun data dan menginventarisir jumlah masjid di se-Aceh sehingga memperoleh data yang akurat dan terukur guna mengetahui kondisi ril masjid di Aceh.

Belum adanya data atau informasi yang akuntabel terkait jumlah masjid dan kondisi ril masjid di Aceh menjadi tolak ukur Pemerintah Aceh dalam merumuskan arah kebijakan pembangunan bidang pengembangan dan pemberdayaan masjid di Aceh ke arah yang lebih baik. Untuk tahun 2019 ini target dan sasaran kegiatan hanya fokus pada pendataan dan inventarisasi masjid, dengan target capaian 13 kabupaten/kota, tutupnya.

Turut diundang pemateri handal yang sangat berkompeten yaitu dari unsur Dinas Syariat Islam Aceh dan Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh.

Posted in Berita and tagged , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *