DSI Aceh Gelar Cerdas Cermat Syariat untuk Pelajar dan SKPA

Dr Munawar A Djalil MA (Kadis Syariat Islam) selaku Panitia Pelaksana Menyampaikan Laporan Mengenai Pelaksanaan Kegiatan Cerdas Cermat Syariat Islam di Aula Arafah Asrama Haji  Aceh pada Rabu 1/11/2017

Dr Munawar A Djalil MA (Kadis Syariat Islam) selaku Panitia Pelaksana Menyampaikan Laporan Mengenai Pelaksanaan Kegiatan Cerdas Cermat Syariat Islam di Aula Arafah Asrama Haji Aceh pada Rabu 1/11/2017.

Dinas Syariat Islam Aceh –  Dinas syariat Islam (DSI) Aceh kembali menggelar cerdas cermat syariat Islam se-Aceh di Asrama Haji Embarkasi Aceh, Banda Aceh, Rabu dan Kamis (1-2/11) . Seperti tahun sebelumnya, tahun ini cerdas cermat ini juga digelar untuk tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan juga tingkat aparatur jajaran Satuan  Kerja Pemerintah Aceh (SKPA). Babak Final hari ini disiarkan langsung salah satu TV Swasta di ACEH.

Kepala dinas syariat islam aceh selaku panitia pelaksana kegiatan ini, Dr Munawar A Djalil MA dalam laporannya di awal acara penyambutan menyebutkan kegiatan ini diikuti 273 orang. Rincian untuk tingkat SD/MI 63 orang dari 21 kabupaten/kota. Hanya Aceh Jaya dan Aceh Tenggara yang tak mengirimkan utusan.

Sedangkan untuk tingkat SMP/MTs masing-masing 66 peserta dari 22 kabupaten/kota. Hanya Aceh Tenggara yang tidak mengirimkan utusan. “Materi soal cerdas cermat ini mencakup bidang tauhid/akidah, fiqih ibadah, muamalah, akhlaq, sejarah Islam, Alquran, hadis, dan Qanun-qanun tentang Pelaksanaan Syariat Islam di Aceh.” Kata Munawar.

Munawar menyebutkan semua peserta diberikan uang sau dan transportasi, termasuk untuk pendamping peserta di luar peserta tingkat aparatur. Sedangkan kepada pemenang akan diberikan piala/tropi serta hadiah uang tunai sesuai urutannya. “Penyerahan piala/tropi rencanakan akan diserahkan  Gubernur Aceh , drh Irwandi Yusuf MSc. Kepada para pemenang dan pendamping juga disediakan sertifikat penghargaan .” kata Munawar.

Munawar menambahkan ini cerdas cermat syariat Islam tingkat provinsi ini sudah tiga kali digelar setiap tahun sejak 2015 dan akan berlangsung setiap tahun serta menjadi salah satu program unggulan DSI Aceh yang memperebutkan piala Gubernur Aceh.

Selanjutnya, Gubernur Aceh drh Irwandi Yusuf dalam sambutannya yang dibacakan oleh staf Ahli Bidang Keistimewaan. Abdul Karim MSi saat membuka acara ini antara lain mengharap cerdas cermat ini dapat memperkuat semangat generasi muda Aceh mengusai dan memahami ajaran Islam. “Sehingga misi Pemerintah Aceh menjalankan Program Aceh Carong dan Aceh Meuadab dapat terwujud.” Harap Irwandi. (sal)

Sumber : Serambinews

Posted in Berita and tagged , .

Nova Muliana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *