Besok, 3 Peserta Aceh Tampil Terakhir

Lokasi Perlombaan STQN XXIV Islamic Center, Tarakan Kalimantan Utara

Lokasi Perlombaan STQN XXIV Islamic Center, Tarakan Kalimantan Utara

Dinas Syariat Islam Aceh – Setidaknya 13 peserta dari 16 ke ikutsertakan dalam perhelatan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional XXIV di Kota Tarakan sudah tampil, kesemuanya yang sudah tampil dan tidak terjadi kendala, semuanya berjalan lancar, mudah-mudahan besok (kamis 20/7) tiga peserta juga tampil dengan maksimal diantaranya Nabilatul Adawiyah Hafidzah 10 juz, Hikmatul Husna, Hafidzah 5 Juz dan Dedek Nuwery Yolanda tilawah dewasa putrid.

Demikian ketua Kafilah Aceh Dr H Munawar A Jalil, MA melalui Kepala UPTD PPQ Aceh Drs Tgk H Ridwan Johan, usai menyaksikan penampilan putra-putri di cabang Tilawah anak-anak, Tafsir Bahasa Arab dan Cabang Hafidz 10 Juz di lokasi yang berbeda, Rabu 19/7 di arena utama Islamic Center Kota Tarakan.

“Meskipun lokasi yang berbeda-beda, kami berusaha untuk menyaksikan secara langsung penampilan anak-anak Aceh, disamping untuk memberikan dukungan, kami juga menjadikan pengalaman ini sebagai bahan evaluasi dalam melaksanakan tugas ini,” tambah ridwan Johan.

“Seperti penampilan cabang Hafidz 10 Juz, di Masjid Darul Sa’dah, waktu bersamaan juga tampil cabang tafsir di Masjid At-Taqwa Sibengkok Tarakan Timur, kami harus membagikan pedamping dan berusaha jika selesai satu lokasi langsung menuju lokasi yang akan tampil,” Tutur Imam Masjid Raya Baiturahman ini.

Di Masjid Darul Sa’dah pemegang nomor urut HQ 244 atas nama Wahyu Ridha tampil lebih cepat di lokasi lainnya. Peserta Aceh ini menjawab surat Ali Imran Juz 4, surat An-nisa juz 5, surat Al-Maidah juz 7 dan surat At-Taubah juz 10.

Setelah itu kami menuju Masjid At-Taqwa Sibengkok Tarakan Timur untuk menyaksikan penampilan tafsir bahasa arab, keduanya juga bisa menjawab soal-soal yang diberikan dewan hakim, Golongan Putra yang tampil lebih awal, sedangkan untuk putri akan menyusul di belakang.

“Ahmad Sa’ad, pemegang nomor urut HQ 128 menjawab soal-soal tafsir surat An-Na’am ayat 11-12 sedangkan untuk hafidz dia menjawab surat Ali Imran juz 5 surat Yunus juz 11, surat Ar-Rum juz 21 dan surat Al-Baqarah juz 1 sedangkan tafsir putri atas nama Rifqah Lathifah menjawab surat Ali Imran ayat 87-88 untuk hafidzah pemegang no urut HQ 129 menjawab surat An-Nisa juz 5, surat An-Nahl juz 14, surat Al-Hajj juz 17 dan surat Az-Zumar juz 23. Keduanya tampil juga maksimal seperti kawan-kawannya yang lain sebelumnya,” jelasnya.

Menjelang Dzuhur baru tampil tilawah anak-anak putri, pemegang nomor urut 153 membaca surat Al-A’raf ayat 173, penampilan putri yang di asuh ustad Hamli Yunus ini benar-benar sangat maksimal, mudah-mudah keluar hasil yang baik dimalam pengumuman nantinnya.

Berbeda dari hari kemarin di tengah penampilan qari cilik Aceh adanya hujan rintik, tapi hari ini justru terik matahari luar biasa, walau demikian penampilan qariah Sahula Ruzni sangat luar biasa, seperti di akui ustad Hamli Yunus sebagai pengasuhnya.

Sahula tampil begitu berkesan, penonton yang menyaksikan di tribun sambil terdiam sejenak ketika qariah ini melantunkan ayat-ayat Allah, dan berteriak Allahu Akbar saat dia berhenti waqaf.

Sedangkan malam harinya akan menampilkan Tilawah dewasa di arena utama Islamic Center, pemegang nomor urut 446 atas nama Mahlil M. Jamil akan tampil setelah sholat Insya antara pukul 20.30- 23.30 WITA.

“Alhamdulillah seluruh yang sudah tampil telah melakukan dengan maksimal, mudah-mudah besok yang tersisa akan mengikuti jejak qari-qariah yang sudah tampil, kami sangat berharap masyarakat aceh di tanah rencong terus menerus memberi dukungan dan doa kepada peserta yang tampil di mimbar seleksi tilawatil Quran ini, Harap Ridwan Johan.

Posted in Berita and tagged , , .

admin

Admin adalah Editor pada Website Resmi Dinas Syariat Islam Aceh.
Jika ada kritik dan saran, Silakan gunakan informasi kontak kami.!!

Terimakasih atas kunjungan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *